Total Kekayaan Gibran Rakabuming Rp 26 Miliar, Berikut Sumber Bisnisnya

23 Oct 2023, 19:32:40 WIB
Total Kekayaan Gibran Rakabuming Rp 26 Miliar, Berikut Sumber Bisnisnya
Gibran Rakabuming. (Twitter/gibran_tweet)

Kabaryo.com - Sorotan tengah tertuju pada sosok Gibran Rakabuming Raka setelah ia ditetapkan sebagai bakal cawapres Prabowo Subianto. Kini, publik kembali membicarakan harta kekayaan Gibran Rakabuming Raka yang dilaporkan mencapai Rp 26 miliar.

Lalu ada apa saja yang jadi sumber kekayaan Gibran Rakabuming? Simak ulasannya berikut.

1. Bisnis kuliner

Dunia kuliner menjadi salah satu bidang yang digeluti oleh Gibran Rakabuming Raka yang jadi sumber kekayaannya. Suami Selvi Ananda ini memiliki banyak sekali produk kuliner yang ia jual. Sebut saja Markobar yang dibangun sejak tahun 2014 dengan menu andalan martabak.

Lalu ada pula bisnis kuliner dengan nama Mangkok Ku yang digeluti bersama Chef Arnold, Kaesang Pangarep, serta Randy Kartadinata. Usung konsep rice bowl bisnisnya ini pun sudah tersebar ke berbagai kota di Indonesia. Selain itu ada pula bisnis camilan dengan nama Kemripik yang juga dikembangkan olehnya.

2. Kafe

Masih tak jauh dari bidang kuliner, Gibran membuka sebuah kafe dengan nama Pasta Buntel. Kafenya ini dibangun bersama dengan Sri Palgunadi, Agnar Juan, dan Jeffry Lintang. Seperti namanya kafe ini menyajikan menu pasta yang diolah dengan resep khas Indonesia.

3. Minuman

Satu lagi bisnis Gibran di bidang kuliner adalah Goola. Bisnis minuman beku dan minuman dingin ini menerima suntikan dana dari perusahaan modal ventura Alpha JWC Ventures. Tak tanggung-tanggung modal yang diperoleh Gibran mencapai Rp 71 miliar. Ia juga punya bisnis minuman Ngedrink yang cukup populer.

4. Teknologi

Merambah ke bidang lain, Gibran melirik dunia teknologi dengan merilis Icolor. Bisnisnya menyasar layanan smartphone khusus dari brand Apple. Uniknya layanan dari Icolor tidak seperti jasa reparasi biasa melainkan home service. Jadi petugas dari Icolor yang akan datang ke rumah klien untuk menyelesaikan masalah pada produk Apple yang dimiliki pelanggan.

5. Aplikasi digital

Anak sulung Presiden Jokowi ini juga melirik bisnis di bidang aplikasi digital. Terbukti ia memiliki sejumlah usaha aplikasi digital seperti Kerjaholic hingga Madhang.

Kerjaholic menawarkan aplikasi untuk para pencari kerja sedangkan Madhang menawarkan jasa makanan rumahan yang mencoba membantu ibu rumah tangga mendapat penghasilan tambahan.

6. Clothing line

Di dunia fashion Gibran juga memiliki bisnis yang membuat kerajaan bisnisnya kian besar. Seperti brand Tugas Negara Bos dan lainnya.

7. Gaji Walikota

Sumber kekayaan Gibran yang satu ini tak bisa dilupakan yaitu gaji sebagai Walikota Solo. Pekerjaannya sebagai walikota membuat Gibran tidak lagi terlalu fokus pada bisnis. Bahkan sebagian bisnisnya juga kini dijalankan oleh Kaesang. Jadi gajinya sebagai walikota sudah pasti turut menyumbang atas kekayaannya yang kini mencapai Rp 26 miliar.

Demikianlah daftar sumber kekayaan Gibran Rakabuming yang sebagian besar berasal dari bisnis.