Profesional: Shin Tae-yong tidak mengalah walaupun negara sendiri yang dikalahkan

26 Apr 2024, 23:11:51 WIB
Profesional: Shin Tae-yong tidak mengalah walaupun negara sendiri yang dikalahkan
Shin Tae-yong sedang wawancara pers(Instagram)

Kabaryo.com  Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong, menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat negaranya sendiri yaitu Korea Selatan setelah tim asuhanya Indonesia mengalahkan tim nasional negaranya sendiri yaitu Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23 2024. 

Terdapat dua hal yang membuat pelatih asal Korea ini merasa senang sekaligus tidak senang dalam pertandingan tadi malam, karena kemenangan tersebut tidak hanya membuat Indonesia lolos menuju babak selanjutnya ke semifinal, tetapi juga mengahancurkan harapan tim negaranya sendiri yaitu Korea Selatan untuk lolos ke Olimpiade 2024. 

Shin Tae-yong menyatakan penyesalannya karena telah memecahkan rekor Korea Selatan yang telah tampil di Olimpiade selama 10 kali berturut-turut. Rekor yang luar biasa, sulit dicapai untuk tim sekelas Indonesia, Malaysia, Vietnam, Singapura bahkan Thailand, Tetapi siapa sangka yang menghalangi mimpi Korea Selatan untuk melaju ke final adalah pelatih dari negara sendiri dan negara yang dilatih adalah negara yang baru pertama kali mencicipi rasanya perempat final Piala Asia. Namun Shin Tae-yong menunjukan sikap yang layak dicontoh, walaupun negara sendiri yang dilawan dia tetap profesional tidak mengalah.

Buktinya, Pertandingan yang berlangsung di Doha, Qatar, antara Indonesia vs Korea Selatan berakhir dengan skor imbang 2-2 dan ditentukan oleh adu penalti 11-10 dan kemenangan untuk Indonesia. Shin Tae-yong mengakui ketatnya persaingan dan meminta maaf karena telah menyebabkan kericuhan, menunjukkan rasa hormatnya kepada negara asalnya.