Polemik Dinasti Politik, Ini Pesan Gus Dur ke Yenny Wahid: Sayang pada Anak Tak Harus Merusak Kehidupan Sosial

24 Oct 2023, 17:26:53 WIB
Polemik Dinasti Politik, Ini Pesan Gus Dur ke Yenny Wahid: Sayang pada Anak Tak Harus Merusak Kehidupan Sosial
Gus Dur (YouTube/Journeyman Pictures)

Kabaryo.com - Isu mengenai dinasti politik masih ramai menjadi perbincangan publik setelah putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka ditunjuk sebagai bakal calon wakil presiden dari Prabowo Subianto.

Terkini, sastrawan Goenawan Mohamad turut membicarakan terkait polemik dinasti politik. Ia punya cara tersendiri untuk menanggapi isu tersebut, yakni dengan cara mengungkapkan pesan Gus Dur kepada sang anak, Yenny Wahid.

Saat berkomunikasi dengan Goenawan Mohamad melalui WhatsApp, Yenny Wahid mengenang apa yang dikatakan oleh ayahnya, Gus Dur.

Gus Dur, semasa masih menjadi pemimpin Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), cukup tegas bila ada kader yang bertentangan dengan rakyat.

"Yenny Wahid mengenang apa yang dikatakan ayahnya, Gus Dur, ketika masih memimpin PKB: Siapapun kader PKB, termasuk anak saya sendiri, kalau bertentangan dengan rakyat, akan saya pecat!” tulis Goenawan Mohamad di X, Selasa (24/10/2023).

Selain itu, ada sebuah pesan yang cukup menohok dari Gus Dur yang cukup berkaitan dengan isu dinasti politik.

"Sayang kepada anak tak harus membuat kehidupan sosial dan politik jadi rusak," ujar Gus Dur.

Goenawan Mohamad lantas mengatakan, "Lain Gus Dur, lain Jokowi."

Sederet netizen yang membaca cuitan Goenawan Mohamad tersebut memberikan komentar beragam. Bahkan tak sedikit yang membandingkan Gus Dur dengan Jokowi.

"Jokowi 9 tahun terlalu didewa-dewakan sih," komentar Nurfatoni.

"Didikan orang tua yang bener ya seperti itu, tidak mencla mencle demi menutupi ambisi pribadi memberi jalan keturunannya untuk maju!!" imbuh netizen.

Sementara itu, ada juga netizen yang tak sepakat dengan ucapan Goenawan Mohamad.

"Mas @gibran_tweet bertentangan dengan rakyat bagian mana mbah?" tanya netizen.

"Kalo mba Yenny hari jumat nanti netapin buat dukung Prabowo, tweet ini dihapus atau nggak ya?" imbuh netizen yang lain.