Mantap! UGM Raih 6 Penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2023

05 Nov 2023, 11:56:19 WIB
Mantap! UGM Raih 6 Penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2023
UGM Raih 6 Penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2023. (ugm)

Kabaryo.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meriah enam penghargaan dari ajang kompetisi Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2023 yang diselenggarakan Humas Indonesia, Jumat (3/11) di Quest Hotel, Semarang, Jawa Tengah.

Enam penghargaan yang diraih yakni Silver Winner Kategori PPID Terbaik Sub Kategori PPID, Silver Winner Kategori PPID Terbaik Sub Kategori PPID Pelaksana, Sliver Winner Kategori Pelayanan Keterbukaan Informasi Publik Terinovatif Sub Kategori Pengelolaan dan Penyajian Informasi Publik, Bronze Winner Kategori Pelayanan Keterbukaan Informasi Publik Terinovatif Sub Kategori Laporan Pelayanan Informasi Publik, Gold Winner Kategori Program Kehumasan Pemerintah Sub Kategori Perguruan Tinggi, serta Bronze Winner Kategori Kanal Digital Sub Kategori Instagram.

Koordinator Bidang Humas UGM, Dina W. Kariodimedjo, S.H., LL.M., Ph.D. Dina, menyampaikan bahwa prestasi ini merupakan capaian yang baik dan menjadi bukti kinerja Humas UGM dalam membangun kehumasan yang profesional terutama dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik.

“Prestasi ini merupakan hasil kerja bersama seluruh sivitas UGM,” katanya usai menerima penghargaan seperti dikutip dari laman resmi UGM, Minggu (05/11/2023).

Dina  mengatakan keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan Rektor dan pimpinan universitas yang memiliki komitmen kuat untuk memenuhi amanat UU KIP dalam mewujudkan kemudahan akses layanan informasi bagi publik. Hal tersebut direalisasikan melalui berbagai program maupun layanan yang menyediakan informasi akurat, transparan, dan akuntabel.

Salah satunya dengan penguatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui pemanfaatan teknologi dan media termasuk media baru serta edukasi kepada publik.

“Harapannya ke depan apa yang sudah dicapai UGM bisa terus ditingkatkan melalui berbagai inovasi dan bisa berkontribusi lebih besar lagi memberikan manfaat untuk masyarakat,”tuturnya.

AHI merupakan ajang kompetisi kehumasan yang diselenggarakan oleh Humas Indonesia bagian dari PR Indonesia Group. Kompetisi ini menjadi barometer bagi kinerja komunikasi dan keterbukaan inforomasi bagi lembaga publik (government public relations/GPR) pemerintah daerah, perguruan tinggi negeri, korporasi milik negara/daerah, dan badan layanan umum (BLU) se-Indonesia sepanjang 1 September 2022-30 Agustus 2023.

Di tahun kelima penyelenggaraannya, AHI mengusung tema besar Keterbukaan Informasi untuk Keberlanjutan Badan Publik yang Bereputasi  diikuti 47 instansi dengan total 240 entri. Terdapat lima kategori yang dilombakan dalam AHI 2023 yaitu pelayanan keterbukaan informasi publik terinovatif, PPID terbaik,  media internal, kanal digital, dan program kehumasan pemerintah (GPR).