Kemenkominfo : Batas Minimal 100 Mbps untuk Fixed Broadband, Apa dampaknya ?

09 Feb 2024, 23:59:15 WIB
Kemenkominfo : Batas Minimal 100 Mbps untuk Fixed Broadband, Apa dampaknya ?
Kemenkominfo : Batas Minimal 100 Mbps untuk Fixed Broadband, Apa dampaknya ?

Kabaryo.com Heboh, Belum lama ini Kemenkominfo mengumumkan rencana untuk meningkatkan kecepatan internet fixed broadband di Indonesia. kecepatan minimal yang akan ditetapkan pada Fixed Broadband adalah 100 Mbps.

Saat ini kecepatan internet fixed broadband di Indonesia masih berada pada angka 27,87 Mbps, jika dibandingkan dengan negara tetangga singapura. Menurut data dari Speedtest, pada Desember 2023, Singapura mencatat median kecepatan unduh internet fixed broadband sebesar 270,62 Mbps hampir 10x lipat kecepatan dari indonesia.

sisi positif dari batas kecepatan yang dinaikan

ketika Internet di Indonesia naik kecepatanya tentu saja akan lebih memudahkan mendapatkan informasi lebih banyak selain itu bisa digunakan untuk kebutuhan lainya yg memang membutuhkan internet cepat sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi di berbagai sektor.

sisi negative yang akan timbul

penting bagi Kemenkominfo untuk memahami kebutuhan dan kemampuan finansial masyarakat. Meskipun kecepatan internet yang tinggi menjadi harapan banyak orang, kenyataannya masih banyak masyarakat membeli internet dengan kuota yang rendah karena faktor harga yang murah. 

Bahkan dengan harga yang cukup terjangkau untuk sekarang ini, internet di Indonesia masih belum merata, Apakah Internet makin tidak merata dengan naiknya batas minimal broadband menjadi 100 Mbps yang pasti akan dibarengi dengan naiknya harga beli Internet?