Italian Film Festival 2024: Venice in Jakarta Ditutup Dengan Film Klasik, Bellissima

30 Apr 2024, 17:50:16 WIB
Italian Film Festival 2024: Venice in Jakarta Ditutup Dengan Film Klasik, Bellissima
Italian Film Festival 2024: Venice in Jakarta. (istimewa)

Kabaryo.com - Italian Film Festival 2024: Venice in Jakarta resmi selesai digelar. Berlangsung dari tanggal 24 - 28 April 2024 di Jakarta dan Bandung. Penonton Indonesia antusias hadir menonton 5 film Italia. Seluruh film yang diputar adalah hasil kurasi dan pernah ditayangkan di Venice International Film Festival 2023.

“Edisi ketiga ITAFF di Jakarta dan Bandung, menandakan tingginya antusiasme masyakarata akan film-film Italia. Kami bangga tahun ini menghadirkan untuk pertama kalinya film klasik Bellissima yang sebelumnya tayang di Venice International Film Festival 2023. Hal ini menunjukkan kualitas serta komitmen festival kami dalam menjalin kolaborasi dengan institusi terkemuka Italia seperti Venice International Film Festival untuk ITAFF tahun 2025,” kata Maria Battaglia, Festival Director dan Direktur Istituto Italiano di Cultura Jakarta dalam sambutannya di seremoni penutupan di CGV Grand Indonesia.

Italian Film Festival 2024: Venice in Jakarta ditutup dengan film klasik Italia Bellissima karya sutradara legendaris Luchino Visconti sebagai bagian dari persembahan untuk Anna Magnani yang menang piala Aktris Terbaik dari Italian National Syndicate of Film Journalists tahun 1952.

Dengan dukungan dari CSC-Cineteca Nazionale, untuk pertama kalinya penonton Indonesia
bisa menonton Bellissima hasil restorasi 4K di layar lebar. Bercerita tentang seorang Ibu yang mengusahakan anaknya menjadi bintang film cilik, film ini digadang sebagai pemrakarsa pemberdayaan perempuan melalui film di sinema Italia dan masyarakat sekitar tahun 1950an.

“Saya senang dengan festival seperti ini karena memberikan kesempatan untuk menonton film-film terbaik Italia di layar besar tahun ini. Saya belajar bahasa Italia 20 tahun yang lalu di Istituto Italiano di Cultura Jakarta. Jadi, selalu menjadi hal yang menyenangkan untuk bisa menghidupkan kembali kecintaan saya terhadap bahasa dan budaya. Saya tunggu edisi ITAFF selanjutnya! Viva il cinema!” kata Marissa Anita, pemenang Piala Citra Aktris Pendukung Terbaik di Festival Film Indonesia 2021.

Untuk kabar mengenai Italia Film Festival edisi selanjutnya dapat mengunjungi iicjakarta.esteri.it atau akun sosial media resmi Institut Kebudayaan Italia di Instagram, Twitter, Facebook, dan Youtube @iicjakarta.