Israel Serang Iran: Kripto Anjlok, Bensin Akan Mahal?

21 Apr 2024, 18:59:40 WIB
Israel Serang Iran: Kripto Anjlok, Bensin Akan Mahal?
Israel luncurkan rudal serang iran (Youtube)

Kabaryo.com Konflik antara Israel dan Iran masih terus memanas terbukti dengan peluncuran rudal balasan oleh Israel menuju Isfahan salah satu kota di Iran, yang meledak sebelum mencapai kota tersebut. Hal ini menandai peningkatan ketegangan yang tetap memanas antara kedua negara, yang memiliki berbagai dampak negatif tidak hanya pada keamanan di area sekitar tetapi juga pada ekonomi global termasuk Indonesia.

Penerbangan Israel dihentikan

Serangan Iran yang menyebabkan penutupan sementara aktivitas penerbangan ke Israel telah mengganggu jadwal penerbangan dan menimbulkan kekhawatiran atas keselamatan penerbangan di kawasan tersebut. Hal ini dikhawatirkan Israel bahwa penerbangan pesawatnya terkena serangan Drone pembunuh Iran yang dapat menimbulkan korban jiwa yang cukup besar, selain itu maskapai penerbangan sangat bergantung pada stabilitas dan keamanan untuk bisa beroperasi dengan baik.

Pasar Kripto ambruk

Pasar kripto juga merasakan dampak dari keributan geopolitik ini dengan menunjukan harga mengalami penurunan tajam. Ini menunjukkan bahwa pasar kripto meskipun sering dianggap terpisah dari sistem keuangan tradisional, tetap rentan terhadap baik buruknya peristiwa global yang berpengaruh pada sentimen investor.

Apakah bensin akan lebih mahal di Indonesia?

Indonesia tampaknya tetap tenangan dan stabil dalam aktivitas perdagangan luar negerinya. Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi dampak ekonomi dari konflik ini, termasuk potensi gangguan pada pasokan komoditas dan fluktuasi harga. Salah satunya Indonesia mencukupi kebutuhan minyak negara dengan melakukan Import minyak dari area timur tengah, jika kondisi kedua negara tersebut tidak kunjung mereda, ada kemungkinan pasokan terganggu, sehingga minyak menjadi agak susah didapatkan membuat harga akan melonjak tinggi dari harga sekarang.